-----------------------------------------------

Rabu, 06 Juni 2012

BelajAr itU pentinG

Belajar merupakan aktivitas atau pengalaman yang menghasilkan perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang bersifat penambahan maupun pengurangan yang tentunya tidak dikehendaki. Belajar mempunyai manfaat bagi individu itu sendiri maupun bagi masyarakat lingkungannya, bagi individu, kemampuan untuk belajar secara terus menerus akan memberikan sumbangan terhadap perkembangan kualitas hidupnya, sedangkan bagi masyarakat, belajar mempunyai peran yang sangat vital dalam mentransfer budaya dan nilai moral serta pengetahuan dari generasi ke generasi.
Dalam dunia pendidikan khususnya pengajaran, belajar merupakan kegiatan esensial yang terkait dengan berbagai faktor yang dapat memberikan perubahan pada siswa. Faktor siswa, guru serta faktor lingkungan secara menyeluruh merupakan faktor-faktor yang berpengaruh.
Lalu apa kaitannya pembelajaran dengan belajar? Pembelajaran adalah komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan oleh guru, sedangkan peserta didik belajar. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Melalui pembelajaran, guru memberikan bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Dari penjelasan di atas, dapat kita ketahui antara belajar dan pembelajaran memang mempunyai keterkaitan. Proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari proses dan hasil belajar. Pembelajaran mengacu pada segala kegiatan yang dirancang untuk mendukung proses belajar yang ditandai dengan adanya perubahan perilaku individu yang sesuai tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran ini harus dengan sengaja diorganisasikan dengan baik agar dapat menumbuhkan proses belajar yang baik dan mencapai hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, jenis-jenis proses belajar dan hasil belajar menjadi pusat perhatian dari metode pembelajaran.
Dengan memahami konsep belajar dan pembelajaran serta kaitan antara keduanya, semoga dapat bermanfaat bagi para pendidik khusunya calon guru agar dapat melakukan pembelajaran yang bermakna dengan hasil belajar yang maksimal tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar